Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Bau Ketiak

pexels.com

ketiak yang tidak sedap tentunya akan sangat mengganggu Anda. Mulai dari hilangnya rasa percaya diri, tidak nyaman beraktivitas hingga membuat orang lain enggan dekat-dekat dengan Anda. kondisi tersebut bisa saja terjadi pada setiap orang dan dapat membuat orang menjadi minder bahkan tidak berani keluar rumah. Oleh karena itu, informasi mengenai cara agar tidak bau ketiak ini akan sangat bermanfaat.

Kenali Penyebab Bau Ketiak

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mencegah bau ketiak, kenali terlebih dahulu apa penyebab bau tersebut. Peran kelenjar ekrin dan apokrin merupakan penyebab utama timbulnya bau tak sedap tersebut. Kelenjar minyak yang ada di dalam lapisan kulit tubuh pada dasarnya berfungsi esensial untuk mengatur suhu tubuh pada kondisi tertentu. Area dengan lipatan serta banyak ditumbuhi rambut seperti ketiak, selangkangan atau payudara merupakan lokasi yang paling berisiko banyak berminyak. Ketika tubuh dalam kondisi panas, kelenjar apokrin yang mensekresi lemak akan diurai oleh bakteri. Sekresi inilah yang menyebabkan area tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Langkah Mudah Mencegah Bau Ketiak

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah bau ketiak. Anda bisa memulainya dengan cara menggunakan deodoran atau antiperspiran. Penggunaan deodoran merupakan langkah paling praktis dan menjadi favorite bagi orang-orang karena sangat simpel. Bau dari ketiak akan digantikan dengan wangi dari deodoran tersebut. Pengaplikasian antiperspiran yang mengandung alumunium klorida dan alumunium zirconium tetrachlorohydrex dapat mencegah secara aktif produksi dari kelenjar apokrin.

Langkah berikutnya bisa dengan menghindari konsumsi jenis makanan yang dapat merangsang timbulnya bau ketiak. Misalnya saja bawang-bawangan, makanan yang terlalu pedas atau bahkan minuman beralkohol. Selain itu, hindari konsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu. Konsumsi obat-obatan yang mengandung bahan untuk antidepresan bisa memicu produksi kelenjar apokrin.

Lebih baik disarankan untuk berkonsultasi ke dokter guna mendapat obat yang lebih efektif tanpa efek samping. Beberapa orang yang mengalami hiperhidrosis atau kondisi di mana produksi keringat lebih produktif daripada kondisi normal. Bagi para penderita ini juga sangat disarankan untuk segera konsultasi ke dokter guna mencegah bau ketiak yang tidak sedap.