Estimasi Modal Awal Buka Toko Mainan Serba Ada

pixabay.com

Siapa bilang setelah ada smartphone bisnis toko mainan menjadi tidak potensial lagi. Justru sebaliknya, semakin banyaknya anak-anak yang kecanduan gudget, justru semakin banyak para orang tua yang ingin membelikan mainan untuk buah hatinya. Terlebih lagi mainan edukatif.

Mainan edukatif memang dikenal mampu menstimulisasi kerja otak anak agar berkembang secara lebih optimal. Artinya membuka toko mainan edukatif bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan saat ini.

Selain mainan edukatif, tidak ada salahnya untuk menjual juga jenis mainan yang paling banyak dicari oleh anak-anak. Artinya dalam hal ini jangan berfokus menjual mainan edukatif saja.

Sekali lagi Anda harus mampu memaksimalkan kondisi dunia anak saat ini. Keceriaan anak yang semakin hilang lantaran lebih suka membuat dunianya sendiri dengan gadget kesayangannya.

Meskipun tidak bisa dipungkiri jika smartphone memiliki pengaruh positif sanga besar untuk perkembangan anak. Namun di sisi lain, smartphone juga bisa memberikan pengaruh sangat buruk untuk perkembangan anak.

Oleh sebab itu wajar saja jika kini para orang tua mulai resah. Apalagi jika tingkat kecanduan anak terhadap gadget sudah mencakai tingkat akut. Ini bisa sangat berbahaya. Sebab banyak perkembangan anak yang terlewatkan jika kondisi ini sampai terjadi.

Strategi Bisnis Toko Mainan

Selalu update terkait dengan mainan apa saja yang lagi tren di kalangan anak-anak menjadi hal wajib pertama yang harus Anda lakukan. Selain itu penting juga untuk mengetahui manfaat dari mainan yang dijual. Artinya tidak hanya sekedar menjualnya saja.

Usahakan untuk menjual jenis mainan yang aman untuk anak-anak. Artinya selalu menjamin kualitas mainan juga menjadi poin berikutnya yang harus selalu Anda perhatikan. Jangan sampai para pelanggan Anda lari ke toko mainan lain karena mainan yang Anda jual jauh dari standard. Apalagi jika sampai membahayakan si anak.

Penting juga untuk mengklasifikasikan mainan sesuai dengan usia anak. Dengan demikian, konsumen akan lebih mudah mencari jenis mainan yang sesuai dengan usia anak-anak mereka.

Rincian Modal Awal Usaha Mainan Anak

Untuk bisnis mainan anak, modal awal yang dibutuhkan terbilang tidak terlampau besar. Artinya modal untuk membuka toko mainan masih cukup terjangkau. Di bawah ini merupakan rincian modal usaha jual mainan anak dengan standar umum:

  1. Belanja mainan anak

Meskipun brand desain toko Anda adalah menjual mainan edukatif, namun penting juga untuk menjual jenis mainan yang saat ini sedang trend, populer, dan paling banyak dicari. Dalam hal ini biaya untuk membeli jenis mainan anak secara komplit bisa dianggarkan sekitar Rp 10.000.000

  1. Lokasi usaha

Untuk sewa tempat usaha, bisa dianggarkan Rp 7 juta per tahunnya. Tapi jika Anda memiliki tempat usaha sendiri malah lebih bagus. Sebab Anda bisa mengirit biaya cukup besar.

  1. Renovasi

Jenis mainana yang banyak saja belumlah cukup untuk menarik para calon pelanggan. Dalam hal ini penting juga untuk menciptakan konsep desain toko seunik dan semenarik mungkin. Meskipun demikian, penting untuk menyesuaikannya dengan dunia anak. Dan untuk biaya renovasi ini bisa dianggarkan Rp 5.000.000

  1. Etalase

Untuk harga etalase rak ini dipasaran umumnya dijual sekitar Rp 2.000.000

  1. Gaji karyawan

Untuk gaji karyawan ini bisa disesuaikan dengan kebijakan owner toko mainan.

  1. Biaya lain-lain

Biaya lain-lain ini mencakup listrik, air, telepone, dan lain sebagainya. Dalam hal ini Anda bisa menganggarkan sebesar Rp  500.000.

Jadilah Owner Yang Cerdas

Sebagai owner, Anda harus mampu berpikir secara cerdas. Apalagi dalam hal memantau bisnis sekaligus performa tempat usaha dalam satu waktu. Artinya dengan adanya manajemen inventory yang baik, para pemilik usaha bisa sangat terbantukan.

Salah satu problem yang sering tiba-tiba terjadi adalah kehabisan stok barang. Dalam hal ini memanfaat software kasiruntuk mengantisipasi hal tidak terduga semacam itu adalah pilihan yang sangat tepat.

Selain itu di dalam software kasir dikenal memiliki beragam fitur lain yang bisa sangat membantu para owner untuk menjalankan bisnisnya. Artinya tidak hanya untuk mengecek stok saja fungsinya. Salah satu contohnya adalah bisa mempermudah proses transaksi.

Dengan adanya software seperti ini, bisnis secara otomatis akan semakin mudah dijalankan. Sebab berbagai laporan bisa dicover secara baik oleh software semacam ini. Dengan demikian, memantau perkembangan dan laba usaha toko mainan Anda menjadi semakin mudah sebab laporan yang tersedia dijamin keakuratannya.